Blog Juhmatdri: Membuat Partisi Di Cross A8T

Membuat Partisi Di Cross A8T

To the point aja yah, kali ini Ane mo bahas soal PARTISI pada Sdcard. Sebelumnya Ane jelasin dulu maksud dan tujuan kenapa kita perlu bikin Partisi pada Sdcard. Mem-partisi Sdcard itu sendiri pengertiannya adalah membagi drive Sdcard jadi beberapa bagian. Seperti halnya pada Harddisk pada komputer yang biasanya terdiri dari beberapa Partisi, misalnya Drive C, Drive D, dst.

SYARAT UTAMA HH HARUS SUDAH KONDISI ROOTING

Oke, tak perlu panjang lebar. Kita langsung menuju ke TKP aja. Langkah pertama tentu saja siapkan Bahan-bahannya dulu antara lain :

1. SdCard ( kapasitas bebas, klo ada yg Class 10 )
2. Card Reader
3. Mini Tool Partition Wizard Full Version  
4. Link2sd.apk
5. Ext2.ko
6. Android Terminal Emulator 


Setelah semua bahan siap, install Mini Tool Partition Wizard di komputer. Lalu langkah pertama adalah Backup dulu seluruh isi dari Sdcard Agan. Setelah itu, Format Sdcard menggunakan komputer. Lalu buka Mini Tool Partition Wizard

Cari Drive Sdcard Agan. Biasanya Disk 2. Kalo sudah ketemu klik kanan pada drive tersebut lalu klik DELETE. Setelah itu Klik kanan lagi lalu Klik CREATE. Partition Label biarkan kosong, Create As > Primary, File System > FAT32, Size And Location > 3 GB (untuk Sdcard 4 GB), lalu Klik OK
Yup, sekarang Partisi yang pertam sudah jadi dengan format FAT32.
Sekarang kita bikin Partisi yang ke 2. Caranya seperti langkah diatas. Klik kanan pada drive yang ada tanda *: yang letaknya dibawah Partisi yang pertama tadi. Klik kanan lalu pilih CREATE. Akan muncul notifikasi seperti pada gambar di bawah ini.


Klik Yes aja, lalu lakukan setting sebagai berikut: >>> Untuk Partition Label biarkan kosong, Create As > Primary, File System > Ext2, Size and Location > 486 MB, Klik OK
Selamat, Partisi ke 2 sudah jadi dengan format Ext2. Berikutnya kita bikin Partisi ke 3 (terakhir). Lakukan langkah seperti ane jelasin di atas. Klik kanan pada drive yang tersisa lalu pilih CREATE. Kemudian lakukan setting sebagai berikut >>>>> Partition Label kosongin, Create As > Primary, File System > Linux Swap, Size and Location > 256 MB, lalu Klik OK. Partisi Linux Swap ini berfungsi untuk membantu meningkatkan RAM seperti pada Linux. Ini untuk mencegah HH kehabisan memori saat menjalankan aplikasi yang mengakibatkan HH restart dengan sendirinya.
Sekarang kita sudah punya 3 Partisi setengah jadi di Sdcard. Langkah selanjutnya Klik Apply ( kiri atas ). Akan muncul Notifikasi seperti gambar di bawah

Klik Yes. Tunggu sampai semua proses selesai.

Klik OK. Semua Proses selesai. Sekarang ada 3 Partisi di Sdcard masing-masing FAT32, Ext2 dan Linux Swap. Langkah selanjutnya tutup program MiniTool Partition Wizard. Sekarang tinggal copy lagi file yang tadi udah di backup. Copykan di Partisi yang berformat FAT32 lalu pasang lagi sdcard di HH agan.

Langkah terakhir adalah MOUNT Partisi yang kita buat tadi di HH, karena secara Default, Partisi Ext2 tidak terbaca di HH. Oke langsung aja, copy Link2sd.apk dan ext2.ko di sdcard. Buka Root Eksplorer, lakukan install Android Terminal Emulator dan Link2sd.apk. setelah proses install selesai klik DONE. Jangan jalankan dulu 2 aplikasi tersebut. Masih di Root Explorer, copykan ext2.ko di system/lib/modules. Kalo ada notifikasi, klik pada Mount R/W (sebelah atas). Setelah itu keluar dari Root Explorer, buka Terminal Emulator, lalu pada Terminal Emulator ketik su > enter, lalu ketikinsmod system/lib/modules/ext2.ko > enter, terakhir ketik Reboot > enter. HH akan melakukan Restart. Setelah HH hidup lagi, buka aplikasi Link2sd, akan muncul notifikasi, pilih Ext2 > Ok. Jika muncul notifikasi lagi, klik Quick Reboot. HH akan melakukan restart lagi. Setelah HH hidup, jalankan lagi Link2sd. Sekarang Agan bisa melakukan Link aplikasi yang terinstall di sdcard ke Partisi Ext2, selain itu Agan juga bisa melakukan Link Dalvic-Cache ke Ext2 sehingga beban memori Internal berkurang.





Tampilan Storage Info nya kayak gini.
Oke dah, selamat mencoba bereksperimen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright © Blog Juhmatdri Urang-kurai